Tips Menjaga Hardisk Anda Dari Bahaya Bad Sector


Tips Menjaga Hardisk
Rawatlah Hardisk anda
Hai sobat blogger sekalian jumpa lagi dengan sayaKali ini saya akan posting artikel yang gak berbau perjalanan backapcker bro, sis. Kali ini saya alan sharing tentang bagaimana cara unutk menjaga hardisk sobat sekalian dari kerusakan berupa Bad Sector. Bad Sector yaitu suatu kerusakan pada salah satu sektor yang terdapat pada hardisk. Baik hardisk internal maupun eksternal, sejatinya secara fisik pada piringannya itu tempat penyimpanan data berupa petak kotak kotak. Jadi data yang disimpan diubah dalam kode binary lalu disimpan ke setiap kotak (sektor). nah kalau dari sektoritu ada yang rusak bisa ketebak kan apa yang akan terjadi?yap, hardisk saudara akan mengalami bad sector. Nah disini saya secara pribadi pernah ngalamin ini Bad Sector gan, makanya saya pingin berbagi biar sobat sekalian gak mengalami hal yang sama.


Berikut adalah tips untuk sahabat blogger bagaimana, unutk mencegah hardisk saudara mengalami bad sector :


1. Jangan biarkan hardisk anda kehilangan daya secara mendadak. Hal ini berlaku baik unutk hardisk eksternal mupun internal. Sebagai gambaran begini, misal hardisk internal (yang ada di laptop, netbook, atau PC desktop) kalau tiba - tiba mati mendadak karena listrik mati kondisi ini sering menyerang pengguna PC Desktop terutama. Dan bisa juga menyerang pengguna laptop yang menggunakan laptopnya tanpa baterai. Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan secara fisik loh.
Solusi : 
Bagi pengguna PC guna meminimalisir listrik mati mendadak usahakan untuk menggunakan Power Suplay. Jadi ketika listrik mati, PC sobat tidak langsung mati dan piringan hardisk tidak terhenti mendadak. Bagi pengguna laptop dalam waktu lama usahakan tetap gunakan baterai ya gan.

2. Defrag hardisk anda,Jadi begini ingat kan tentang yang saya katakan bahwa hardisk itu pada piringannya metode penyimpanannya berupa kotak kotak? nah defrag itu fungsinya mengurutkan data yang tersimpan pada hardisk. Jadi sistem dari hardisk itu ketika menyimpan tidak akan mendeteksi kotak yang berjejer, tapi langsung asal taruh dikotak yang kosong. Jadi bisa saja ketika menaruh file (terutama yang size nya gede) akan tidak urut. Maka hal ini pada awalnya akan menimbulkan lemot saja dalam akses data namun lama kelamaan bisa menyebabkan bad sector. Tapi ingat jangan terlalu sering melakukan defrag ya, karena itu bisa jadi bumerang.
Solusi :
Lakukan defragler dengan aplikasi bawaan windows yang ada di control panel, atau bisa menggunakan aplikasi third party yang banyak di share di internet.

3. Ketika sedang digunakan jangan sampai hardisk terkena goncangan atau bahkan terjatuh (hardisk eksternal khususnya). Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan fisik pada piringan hardisk. Ingat piringan hardisk berupa   lingkaran yang berputar dengan sangat cepatnya. jadi bila terkena goncangan apalagi cukup keras bisa menyebabkan sisi terluar piringan tertumbuk. Ataupin bagian atas tergores jarum. Mah mungkin hal ini tidak berlaku untuk beberapa  HDD eksternal dan Laptop yang menyediakan fasilitas Shock Adsorb.
Solusi :
Sebisa mungkin hindari HDD jatuh atau terguncang ketika sedang digunakan.

3 Hal yang saya sebutkan tadi pasti masih banyak solusi lain selain hal tersebut. Namun secara pribadi hal itu lah yang selama ini saya gunakan untuk merawat hardisk saya. Terutama setelah hardisk saya sendiri mengalami bad sector dan diganti. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan bisa dijadikan referensi untuk mencegah hardisk anda mengalami kerusakan. Sampai jumpa di postingan ane yang lain ya mas bro mbak bro.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Hardisk Anda Dari Bahaya Bad Sector"