Situs Liyangan, Situs Purbakala Yang Lebih Besar Dari Candi Borobudur

Situs Liyangan, peninggalan purbakala yang dikatakan lebih besar dari Candi Borobusur bila kelak telah ditemukan seutuhnya.
Saya sudah mengupdate artikel tentang situs liyangan, anda dapat mengunjunginya melalui website alfianchandra.com , yang saya bahas dalam judul klik  >>  situs Liyangan peninggalan Mataram kuno

Situs Liyangan berada di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Ya saya sendiri sejujurnya orang Temanggung cuman baru kesampaian menyambangi Situs Liyangan ini beberapa waktu yang lalu, hehehe Sebenarnya rencana untuk mengunjungi Situs Liyangan ini berbarengan dengan perjalanan menuju Curug Lawe dan Candi Pringapus, jadi sebelum pulang mampir dulu lah kan deket jaraknya dari andi Pringapus, cuman beda dusun broo..
Sebelum datang ke tempat ini saya memang sudah beberapa kali mencoba mencari info lokasi dan keterangan mengenai situs tersebut. Yuk guys kita simak beberapa keterangan yang berhasil saya himpun, hehehe
Situs Liyangan ini diperkirakan sudah berdiri sejak zaman mataram kuno. Menurut para ahli hal itu dibuktikan dengan adanya bulir padi purba, kayu yang terbakar menjadi arang, yang diperkirakan semua itu terbakar dikarenakan terkena erupsi dari Gunung Sindoro. Yaps, Situs Liyangan ini memang berada di lereng Gunung Sindoro. Dari area situs Gunung Sindoro tampak begitu dekatnya. Untuk ekskafasi yang dilakukan sudah dimulai sejak lama, hingga tahun 2014 ini sudah banyak ditemukan banyak peninggalan baru seperti, tembikar zaman Dinasti Cina kuno, Arang bekas kayu pendopo, rumah dan sebagainya, altar, jalan, dan pagar. Ya mungkin ada penemuan lain yang tak saya sebutkan itu karena mungkin keterbatasan informasi yang saya terima.
Ketika bertanya pada petugas jaga, saya mendapat beberapa keterangan yang sebelumnya belum saya ketahui. Bahwa dikatakan oleh beliau Situs Liyangan ini diperkirakan luasnya sampai ke area persawahan warga (saat ini ekskafasi dilakukan dibekas tambang batu dan pasir). Pernyataan itu diperkuat dari pemandangan yang terlihat disana. Didaerah yang berbatasan dengan sawah warga terdapat seperti pondasi dari batu yang disusun masih secara tradisonal. Dari hal itu dimungkinkan diatas persawahan sana masih akan ditemukan penemuan lainnya.
Situs Liyangan ini meskipun diperkirakan lebih besar dari Candi Borobudur bila sudah usai diekskafasi. Tempat ini bukanlah suatu candi namun semacam pemukiman warga jaman mataram kuno. Ya mungkin bahasa kerennya kadipaten gitu. Hal itu diperkuat dengan beberapa waktu lalu ditemukan jalan yang disusun dari batu.
Setelah sedikit bercerita diatas marilah kita simak foto mengenai situs Liyangan ini , harap dimaklumi bila gambarya jelek dan gak arstistikcekidot brada and sista

Tuh tampak sebuah tangga, seperti menuju ke aula. Dan dikejauhan nampak sawah. Ya seperti yang saya katakan diatas kalau diperkirakan nantinya penemuan ini luasnya sampai atas sana.

Tuh tampak susunan batu yang diperkirakan merupakan sebuah tembok atau pagar. Dan dikejauhan tampak alat berat sedang digunakan dalam proses ekskafasi ini.

Tuh berjejer, ada yang punya tangga ada yang gak ada. sepertinya yang berjejer itu merupakankuil / candi kecil. Dan dibelakang sana ada semacam posko yang digunakan sebagai tempat istirahat dan pusat informasi ditempat itu.

Nih foto dibagian tanah atas, bagian yang berseberangan dengan sawahtampak ditanah yang saya pijak sudah dilakukan penggalian. Dan jauh disana sawah masih dipenuhi tanaman warga.

Nih foto tangga yang ditemukan beserta tumpukan batu kotak kotak.

Tuh bangunan yang seperti pagar itu, kalau dilihat dari dekat tuh konstruksi kokoh lho guys

Entah bunga apa ini yang ane temukan disekitar sana

Semoga bagian lainnya segera ditemukan dan dapat direkonstruksi

Tuh tumpukan batu yang seperti pondasi ini yang ada di undukan tanah bawah kawan

Yang ini pondasi yang dekat dengan persawahan warga, mungkin diatasnya akan ditemukan bangunan lain

Situs Liyangan
Posko yang ada di situs liyangan

Dengan berada dilereng gunung Sindoro tempat ini menyajikan hawa sejuk dan pemandangan yang indah. Selain bisa berjalan jalan melihat peninggalan purbakala anda juga bisa mendapatkan kesejukan.

Hahahaha nampaaang dulu kawan
 Dari perjalanan kali ini saya banyak mendapat pengetahuan baru, dari rangkaian perjalanan menjelajah Kabupaten temanggung tercintasemoga tulisan ini bisa membantu para sobat traveller dan blogger yang hendak mencari destinasi jalan jalan. Dan semoga bisa membantu meningkatkan kunjungan wisata ke Temanggung. Perjalanan ini dilakukan bersama teman kuliah dan kos ane gan, dia orang jauh hehe. Lain waktu ane coba main ke kota dia tinggal dan bikin next chapter. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya sobat.

Posting Komentar untuk "Situs Liyangan, Situs Purbakala Yang Lebih Besar Dari Candi Borobudur"